Selasa, 20 Desember 2011

MENGAPA BANYAK ANAK YANG MALAS BELAJAR?

Belajar sebenarnya adalah kebutuhan semua manusia karena dengan belajar kita dapat membuka wawasan dan pengetahuan kita baik di lingkungan ataupun di luar lingkungan kita. Kebutuhan belajar seseorang tergantung pada masing-masing orang namun tidak ada salahnya kita mempelajari segala yang ada dan dibutuhkan dunia. Ketika seseorang memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas maka ketika itu pula seseorang akan dibutuhkan oleh orang lain.
Mengapa bayak orang malas belajar? Pada dasarnya kemajuan jaman itu memiliki pengaruh buruk pada orang-orang yang hanya menikmati kemajuan jaman itu sendiri tanpa ada rasa ingin mengembangkan kemajuan jaman yang telah ada. Banyak generasi muda yang merasa bahwa jaman telah maju dan mereka hanya menikmatinya selagi bisa. Ini adalah anggapan yang salah sebab dengan anggapan ini kita tidak akan berusaha mengembangkan apa yang telah ada. Secanggih canggihnya teknologi yang ada pada saat ini tidak akan berguna di masa depan apabila kita tidak mengembangkannya.
Banyak pelajar pada sekarang ini yang mengeluh-eluhkan keadaan sekolahnya yang tidak sesuai dengan keadaan masing-masing padahal seharusnya pelajar itu sendiri yang mengadaptasikan diri terhadap sekolahnya. Hal ini juga seperti menjadi sesuatu yang populer pada kalangan pelajar seakan sekolah mereka adalah neraka dan lingkungan luar mereka adalah syurga. Bahkan banyak orang yang terlena dengan kemajuan jaman sehingga mereka lupa akan budaya dan pendidikan. Apa jadinya masa depan dunia ini apabila tidak ada orang yang mau mengembangkan apa yang ada saat ini?
Saya beranggapan bahwa masalah-masalah yang menyebabkan pelajar malas untuk belajar adalah sebagai berikut:

1. Pergaulan yang terlalu bebas.
2. Lingkungan yang selalu memanjakan diri sendiri.
3. Tidak adanya perhatian dan keinginan untuk memperoleh ilmu dan wawasan.
4. Terlalu banyaknya fasilitas dan keinginan untuk menikmatinya.

Sebaiknya kita bisa saling menegur atau bahkan mengajarkan beberapa hal yang menjadi hambatan dalam belajar. Meskipun belajar dapat dilakukan dimana saja kita tidak akan bisa menjadi apa yang dibutuhkan dunia apabila kita tidak ada niat untuk belajar. Apabila tertanam niatan yang kuat untuk belajar maka kita akan dengan mudah mendapatkan informasi, wawasan dan pengetahuan seperti apa yang dibutuhkan dunia saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar